My Fan Page

Ads

Update by Email

Translate

Jurnalistika Febra Ariella On Sabtu, 07 April 2012


Hallo guys, lama banget nggak ngepost membuat tangan-tangan gua gelisah. Walaupun nggak ada topik menarik yang bisa gua angkat, ya terpaksalah gua angkat topik ini. Kenapa ya gua pingin bahas "tentang 17 tahun"? Em.. Nggak tau juga sih, hehe.

Kenapa sih 17 tahun itu spesial? Ya lo lihat deh ornag-orang disekeliling lo yang udah berumur 17 tahun atau baru aja melewati umur 17 tahun pasti akan merasa diri mereka spesial (kalo gua sih biasa aja). Tapi sih menurut gua banyak hal yang kita dapetin diusia 17 tahun yang mengubah hidup kita secara nggak langsung ketingkat "kedewasaan" yang lebih dari sebelumnya.


  1. Nggak bisa dipungkiri karena kita Warga Negara Indonesia, kita akan benar-benar merasa sebagai WNI itu saat umur 17 tahun, karena di tahun ke 17 kelahiran kita ini, kita udah megang KTP.
  2. Dengan punya KTP kita bisa buat SIM, ATM dan berbagai macam hal lainnya yang memerlukan KTP sebagai persyaratan utamanya.
  3. Saat 17 tahun, normalnya seseorang akan lulus dari SMA. Ya jelas kerasa dong gimana euphorianya? Sekolah menengah "terakhir" yang lo jalanin, selesai dari SMA, lo bebas nentuin kehidupan lo kedepan. Nggak ada lagi yang namanya komplotan temen, nggak ada lagi namanya main ceng-cengan, nggak ada lagi sekolah pake seragam setiap Senin-Jumat, nggak perlu lagi upacara setiap hari Senin pagi, nggak perlu lagi terburu-buru karena bel masuk jam setengah 7, ya SMA itu masa "terakhir" lo merasa menjadi anak sekolahan.
  4. 17 tahun, seseorang berhak untuk mendonorkan darahnya. Ya gua nggak tahu gimana penjelasan secara biologisnya, setahu gua darah seseorang yang umurnya kurang dari 17 tahun nggak akan berguna kalo didonorkan. 
  5. Setelah 17 tahun, entah mengapa seseorang pasti akan merasa sedikit lebih dewasa. Entah cara bersikapnya, berpakaiannya atau apa pun itu. Entah karena ini udah menjadi tradisi sejak dulu kalo 17 tahun itu "wow" atau apa sebenernya juga sulit dimengerti, hehe. Atau mungkin karena kita udah berhak untuk menonton film yang berlabel "17 tahun ke atas", haha.

Well, cuma itu sih yang gua tahu. Tapi menurut gua 17 tahun biasa aja kali, nggak ada yang istimewa dan harus dibanggakan, karena walau bagaimana pun kita masih tergolong "anak". Karena di Indonesia usia anak yaitu sejak umur 0-18 tahun. Ya jadi, kalo bener-bener merasa dewasa seharusnya ketika berumur 19 tahun. Tapi nggak masalah si, dewasa itu kan tentang sikap dan sifat, jadi nggak ada salahnya kan seorang anak bersikap dewasa.

sumber dokumentasi

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments