Labels

My Fan Page

Translate

Jurnalistika Febra Ariella On Kamis, 31 Januari 2013

Hai guys, gua mau ngepost sedikit nih tentang UI. Ya ini karena kemaren salah satu junior ada yg nanya gitu loh hmm jadi menurut gua untuk kalian yg mau masuk UI harus tau ini. Eh ya maaf ya kalo bahasanya rada nggak bener dan becanda banget gimana gitu haha. Soalnya gua boleh copas dari conversation :)

Jadi UI itu domisilinya di 2 tempat yaitu di Salemba dan Depok. Untuk yang di Salemba itu ada FK dan FKG sedangkan sisanya Depok. Nah tapi yang di lingkungan UI Depok nggak cuma ada UI doang, ada yang namanya PNJ (Politeknik Negeri Jakarta). PNJ ini (katanya) politeknik negeri (yaiyalah dari namanya juga jelas ya )
PNJ ini jadi setiap tahunnya bayar ke UI untuk sewa tempat dan dan fasilitas UI lainnya kayak lapangan, bikun (bis kuning) dan perpus pusat. Bahkan PNJ pun pake jakun (jaket kuning) sama kayak UI cuma beda lambangnya kalo UI kan lambangnya makara.

Oke itu tentang PNJ nah sekarang kita bahas UI cekidot >>

UI sendiri itu setiap Fakultasnya di bagi 3 kelas yaitu:

Kelas Reguler >> Kelas Reguler ini adalah kelas yang lewat SBMPTN nanti, di kelas reguler ini istilahnya kayak kelas normalnya UI lah yang bener-bener die hard buat mendapatkanya. Di Kelas Reguler lo nggak perlu khawatir masalah biaya, karena walau pun UI cukup mahal, tapi kalo lo masuk kelas Reguler lo bisa dapet keringanan biaya yang namanya BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan - Berkeadilan) selain itu juga ada bidik misi juga (kalo bidik itu direkomendasiin dari SMA, kalo BOP-B itu ngurus sendiri kalo udah keterima jadi maba UI.

Kelas Paralel >> Ini sama aja kayak kelas Reguler fasilitasnya, Kelas Paralel sama Kelas Reguler itu dipisah kelasnya (ya ibaratnya kelas pagi/siag gitu padahal mah enggak juga sih tetep aja jadwalnya bisa jadi bebarengan cuma lebih sering kelas paralel tuh siang/sore-malem). Nah hanya satu fakultas yang menggabungkan kelas Paralel dan Reguler di UI yaitu FASILKOM (ayo masuk Fasilkom #Promo :D). Nah yang membedakan Reguler dan Paralel itu adalah masalah biayanya, Kalo normalnya kan BOP di UI (di fakultas yang berbasis IPA) itu 7,6jt nah di kelas Paralel itu 8jt dan misalnya uang gedung di Fasilkom itu normalnya 25jt untuk kelas paralel jadi 30jt. Dan bayaran anak kelas Paralel itu tidak boleh dicicil (kalo yang Reguler bisa asalnya mengajukan permohonannya lewat BOP-B, jadi kalo lu masuk kelas Reguler dan nggak ngajuin BOP-B mah apa bedanya sama kelas Paralel). Ohiya kelas Paralel juga tidak berhak untuk mendapatkan/mendaftar beasiswa yang dari UI tapi kalo anak Paralel mau cari beasiswa boleh kok tapi dari lembaga yang nggak bekerjasama dengan UI.

Kelas Internasional >> Please jangan lo kira kelas internasional isinya bule semua salah! Dibeberapa Fakultas nan gaul dan ceria macam FIB, FISIP dan another sih banyak bulenya cuma ya kayak MIPA, Fasilkom, Teknik kita limit bule (susah cuci mata eeeh). Fasilitas kelas Inter sama Paralel/Reg mah nggak usah ditanya ya bro. Tapi banyaran BOP (uang semesternya) dan uang pangkalnya mah juga nggak usah ditanya ya bro. Boleh dibilang 2 kali bahkan lebih dari standar kelas Reguler dan sama kayak kelas Paralel : no cicil, no scholarship! Nah anak-anak kelas inter ini akan kuliah 2 tahun di UI dan 2 tahun di negara pilihannya. Nah jadi lo semua pasti taulah kalo UI bekerjasama dengan beberapa Univ di dunia kayak monash university dll, nah anak Inter dipersilakan untuk milih salah satu univ itu untuk melanjutkan studinya. Asiknya nih anak-anak inter ini akan dapet double degree. Satu sarjana indonesia satu sarjana internasional (dari univnya yang diluar negeri). Ohiya untuk pergi keluar (lanjut studi ke luar itu) dikenakan biaya keberangkatan lagi, kalo gua nggak salah info nih ya (kalo nggak salah loh) FKUI itu kena biaya 200jt entah biaya apa pokoknya kelas internya di awal kena uang segitu deh pokoknya.

note :  NGGAK SEMUA JURUSAN DI UI PUNYA KELAS INTERNASIONAL DAN PARALEL

nah itu mengenai kelas-kelasnya, sekarang kita akan bahas mengenai jalur masuknya yeeeey


Begini dia jalur masuk UI 2013


Jalur masuk UI :
1. SBMPTN -> Yaaaa you know this lah more then me *happy SBMPTN ya *

2. Jalur Undangan :
- SNMPTN Undangan : Nah, ini untuk masuk khusus kelas Reguler.
- PPKB : Ini untuk masuk kelas Paralel dan Vokasi (D3)
- Talent Scouting : untuk masuk kelas Internasional

3. SIMAK UI : simak ini jalur mandiri UI yang kalo lo milih nanti itu maksimal 8 jurusan, nah untuk tarif pertama itu 250rb rupiah untuk 3 jurusan, nah selebihnya perjurusan dikenakan tarif 50rb. Milihnya itu gua kurang tau sih spesifikasinya gimana karena gua nggak ikut simak, kalo nggak salah ya dari 8 itu kalian boleh milih maksimal itu 3 reguler, 3 paralel dan 2 vokasi.

Nah yak, kurang lebih segitu aja. Mau tau lebih lanjut silakan masuk UI aja. Silakan komen untuk nanya atau pun nanya ke senior kalian yang di UI. CMIIW ya :3

sumber dokumentasi

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. kelas paralel serius tuh gak dapat keringanan?? gimana kalau jk ada org mau masuk ui tp dr persyaratan tahun kelulusan mereka gak masuk, jd bisanya kelas paralel. apa benar2 tidak bisa ada kerinngan jika mereka orang yang kurang mampu??

    BalasHapus
  2. Jika kelas paralel memang tidak ada beasiswa atau keringanan apa pun dari UI, namun bisa mencari sendiri beasiswa dari luar stakeholder UI (beasiswa yang diselenggarakan UI / stakeholder nya tidak bisa diikuti oleh kelas paralel).

    BalasHapus
  3. Jika keadaannya ada anak yg kurang mampu ingin masuk ui tp thn kelulusannya sudah tidak masuk. Bagaimana solusi masuk ui

    BalasHapus