Labels

My Fan Page

Translate

Jurnalistika Febra Ariella On Rabu, 30 Mei 2012

Hai guys, udah lama nih gua nggak ngepost ahaha :D
Oke kali ini gua akan membagikan rahasia belajar gua ahaha (udah kayak orang sukses aja ya, padahal sih baru menuju sukses,aamiin). Em.. Sebenernya dibilang efektif, enggak juga sih, cuma cara belajar ini berhasil diterapkan selama 2 tahun terakhir gua sekolah. Oh ya guys, tapi kalo ngerasa cara ini nggak efektif buat lu, ya nggak perlu diikutin, ehehe.  Karena setiap orang punya tipikal yang berbeda, apalagi dalam belajar dan memahami pelajaran.

Oke, sebelum gua mulai cara belajarnya, mendingan kita cek dulu yuk apakah tipikal lu sama dengan gua.

  1. Gua adalah orang yang moody.
  2. Kalo gua lagi bete, semua pelajaran yang dikasih guru nggak ada yang masuk ke otak.
  3. Gua bisa belajar beberapa mapel di rumah tanpa bantuan guru.
  4. Gua suka susah dalam hapalan.
  5. Gua bisa berkonsentrasi kalo belajar eksak (yang ngitung-ngitung) sambil dengerin musik.
  6. Gua terkadang lebih ngerasanya nyaman belajar sendiri dibandingkan belajar kelompok.

Yap, itulah tipikal gua, sekarang mari kita bahas bagaimana gua belajar 2 tahun terakhir ini.
  1. Seperti yang gua bilang, kalo gua orangnya moody udah gitu kalo lagi bete nggak ada pelajaran yang masuk ke otak, jadi kalo misalnya gua emang udah males banget belajar (sekalipun itu disekolah/ mau ulangan) ya gua nggak akan belajar, ehehe. Biasanya kalo gua lagi males dan guru neranginnya bikin ngantuk, gua suka tidur-tiduran atau ngobrol sama temen-temen disekitar gua ahaha jangan ditiru ya temaaaan! karena gua ngerasa bete aja dengerin guru menjelaskan pelajaran yang sama sekali nggak dimengerti dan nggak akan bisa dimengerti karena gua emang lagi nggak semangat belajar. Tapi, ada solusinya guys! Jangan karena nggak mau dengerin lantas lu nggak belajar, wah itu sih salah besar!!! Fine kalo lu emang bisa konsen belajar di sekolah / di rumah, tapi lu bisa meluangkan waktu belajar lu di tempat sebaliknya yaitu di rumah / di sekolah. Kalo lul nggak bisa dapet passion di kedua tempat itu, ya saran gua lu coba deh untuk mulai mencari tempat asik yang bisa buat lu semangat dan konsentrasi belajar.
  2. Banyak orang yang bilang 1x5 lebih baik dari pada 5x1, yap itu bener banget! Tapi sayangnya sampai saat ini gua belum bisa mengajak diri gua seperti itu dan dari pada 1x5 tapi nggak efektif juga ya mendingan gua melakukan 5x1 ehehe. Jadi lu nggak usah paksain diri lu untuk melakukan sistem belajar yang baik di kalangan kebanyakan orang kalo lu merasa itu nggak baik menurut dirilu. Lakukan yang seenjoynya aja ehehe. Tapi dengan catatan nih guys, 5x1 nya harus efektif. Contoh, kalo elu mengerjakan tugas dicicil setiap hari dan akhirnya elu males sendiri untuk ngelanjutin alhasil tuh tugas nggak selesai kan mendingan elu kerjain seharian/semaleman terus selesai nah besoknya tinggal editing dan have fun deh ahaha. Sama aja kayak belajar, bisa aja kan lu nggak belajar selama 3 hari karena mood lu belum dapet nah terus lu luangkan dah waktu seharian khusus untuk mempelajari ketinggalan lu itu, tapi harus inget lu harus dalam kondisi mood bagus dan berkonsentrasi penuh, jadi waktu yang udah lugunain buat belajar nggak sia-sia.
  3. Nggak perlu les. Yep, memang statement yang rada berani sih, tapi gua berani jamin asal lu belajar pake passion dan belajar dengan sepenuhi hati, walaupun lu nggak belajar setiap hari (apalagi pake les) lu bisa menyesuaikan diri dengan pelajaran di sekolah. Oh ya guys, sebenernya menurut gua sih les itu cukup membuang waktu. Coba aja lu bayangin, pulang sekolah udah cape, bete, terus les, ampun deh itu mah mana masuk pelajaran. Udah gitu nyampe rumah kecapean langsung tidur, alhasil elu nggak bisa ngerjain tugas dari guru karena waktu yang lu punya udah kesita sama rutinitas les lu itu, toh elu les cuma ngulang mapel di kelas kan yang sebenernya nggak perlu diulang. Itulah gunanya elu belajar konsen, jadi elu nggak perlu repot-repot mengulang mapel di kelas, apalagi kalo mau ulangan yaudah tinggal persiapan mental aja, nggak usah belajar deh ehehe, kalo review beberapa soal sih boleh asal jangan memforsir pikiran lu terlalu banyak. Oh iya kembali lagi ke yang tadi, dari pada elu membuang waktu untuk les sekitar 1-3 jam, pulang sekolah lu bisa istirahat di rumah atau malah bisa have fun bareng temen-temen lu untuk menghilangkan kepenatan abis sekolah, abis itu lu bisa kembali segar dan berkonsentrasi lai deh menjalankan aktifitas sekolah, ya kan.
  4. Kalo bisa banyakin belajar sendiri dari pada belajar kelompok. Aduh, kalo alasan yang satu ini sih nggak bisa dipungkiri, semua orang kalo yang namanya belajar kelompok juga pasti akan ada waktu ngobrol dan istirahatnya, nah malah terkadang bilangnya mau belajar bareng hasilnya malah cuma ngobrol bareng. Tuh kan nggak efektif banget! Ya kalo sesekali nggak apa-apa juga sih itung-itung ngumpul bareng temen dan ngobrol-ngobrol bareng ehehe.
  5. Soal hapalan, nah yang satu ini ya mau nggak mau harus lu apalin dah tuh ahaha. Paling enak kalo materi soal esai berstuktur nah ini gampang pasti ngapalinnya, gua sendiri sih biasanya menyiasatinya dengan menggunakan jembatan keledai sebagai hapalan, kalo belum tau jembatan keledai itu apa, monggo di googling sendiri, ehehe. Sebenernya, kalo perlajaran apalan gua juga nggak mau terlalu banyak membuang waktu sih untuk membaca, apalagi gua bukan tipe orang yang sekali baca langsung dapet intinya, jadi ya mau nggak mau harus diulang dan di hapal. Gua terkadang kalo lagi mood dan ada waktu suka buat ringkasan, nah dari ringkasan yang seringkas-ringkasnya itu deh kalo ada waktu baru gua apalin, kalo enggak ya seenggaknya udah ada yang sedikit nempel dalam otak.
  6. Ngerjain/ belajar pelajaran eksak yang butuh pemahaman semacem Fisika atau Matematika, waduh ini mah paling enak ditemani musik :D masalah genre gua nggak mempermasalahkan sih, kalo emang lu suka musik rock, why not, asal lu enjoy, gampang deh masuknya ke otak ahaha. Malah kalo bisa saat ulangan Fisika/Matematika, pake headset terus setel musik favorit deh ahaha (kalo yang satu ini gua belum pernah coba).

Okay guys, gitu cara belajar gua selama ini. Intinya sih sebelum mulai belajar, lu harus bisa membuat diri lu merasa enjoy dulu, karena setelah itu fun akan datang dan pelajaran akan mudah di mengerti.
Okay semoga bisa membantu ya, kalo sarannya rada koplak nggak usah ditiru ahaha, lagi pula itu kembali ke diri kalian masing-masing kok, hanya kalian yang bisa menentukan di mana titik keenjoyan kalian.
Semoga berhasil dalam belajar dan dapat menjadi generasi penerus bangsa yang sukses :D


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments