Labels

My Fan Page

Translate

Jurnalistika Febra Ariella On Jumat, 06 Januari 2012

Gua emang bukan pengamat atau pun pencinta bola. Tapi gua pingin mengaspirasikan suara gua yang mungkin aja sama kayak lo.

Final piala AFF 2010 udah menghasilkan pemenang, yaitu Malaysia. Kekecewaan terlihat jelas di wajah para pendukung Timnas Indonesia. Pada leg 1 yang dilaksanakan di Bukit Jalil - Malaysia, Indonesia kalah telak dengan skor 3-0. Mengapa ini bisa terjadi?
Mungkin aja kita terlalu sombong kali ya? Media yang overexpose timnas membuatnya menjadi overconfidence. Parahnya lagi nggak cuma itu, kayaknya timnas juga udah jadi komoditas politisi.
Gua rasa yang paling nyesek adalah PSSI sendiri yang jelas membangga-banggakan timnas sebelum babak final dimulai. Mereka terlalu yakin Indonesia menang sampe seenaknya naikin harga tiket jauh di atas normal.
Udah bayar mahal, eh pelayanannya nggak sesuai. Waktu pembelian tiket (tepatnya masih dlm bentuk voucher) sempet terjadi kericuhan. Bahkan ada seseorang yang nekat menjarah voucher dan disebarin gitu aja. Nah, pas penukaran pun sempet ricuh gara-gara tiket kurang dan ada suporter yang udah dapet voucher karena nggak punya nota pembelian nggak bisa nukerin sama tiket.
Kembali ke pertandingan leg 1 pada tanggal 26 Desember 2010. Pertandingan ini berlangsung secara nggak sehat. Banyak gangguan sinar laser dan mercon dari supporter Malaysia sampe-sampe Markus (Keeper Indonesia) meminta break gara-gara ngerasa terganggu sama laser yang nyorot matanya.
Ulah dari para supporter Malaysia ini dibalas oleh supporter Indonesia via twitter. Tweet-tweet dari Indonesia sampe masuk trending topic salah satunya adalah #malaysiacheatlaser.
Nggak mau kalah si Nurdin (ketua PSSI) nyebar gosip kalo Malaysia sengaja nyebarin bubuk gatel di tempat timnas latihan. Padahal itu bukan bubuk gatel tapi pupuk. Mungkin karena lapangannya basah jd pupuknya nempel di tubuh pemain terus kegatelan deh.
Sedangkan di leg 2 yang dilaksanakan di GBK - Indonesia pada tanggal 29 Desember 2010, Indonesia menang 2-1 walaupun yang ngegol duluan Malaysia dan akhirnya pun mereka pemenangnya.
Eh iya konyolnya lagi yang gua denger dari bokap nyokap katanya mereka ngeliat berita disalah satu tv ada perguruan (semacam dukun -mungkin-) yang berencana akan menugaskan 5.000 jin untuk menjaga gawang Indonesia di GBK.
Oh iya kalo tadi gua nggak salah liat, gua ngeliat ada sinar laser di wajahnya keeper Malaysia yang arahnya dari supporter. Aduh semoga aja gua salah liat ya karena Indonesia kan bilang mau main bersih.
Eh tapi gua salut juga sih sama supporter Indonesia yang selalu mendukung timnas walaupun gagal dan nggak pake bikin ribut segala lagi. Malah Indonesia bikin trending topic kusus untuk malaysia "congratulations malaysia". Aaah negaraku lapang dada ternyata.
Well, udah ya. Harapan gua sih timnas terus bejaya dan lain kali kita nggak usah takabur dah. Selamat ya Malaysia dan Indonesia pantang menyerah terus berjuang. Ayo semua kita dukung negara kita, INDONESIA !!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments