My Fan Page

Ads

Update by Email

Translate

Jurnalistika Febra Ariella On Sabtu, 07 Januari 2012



Perangdunia II memang menimbulkan luka yang teramat dalam bagi seluruh umatmanusia. Banyak keluarga yang kehilangan sanak saudaranya, banyak tentara yang mengalami trauma yang berkepanjangan. Semua sumber dayanegara habis digunakan untuk kepentingan perang. Apakah perang inihanya menimbulkan luka dan tidak membawa manfaat sama sekali ? Kalaukita amati banyak manfaat yang didapat terutama untuk perkembangan ilmupengetahuan dan teknologi.

          Persainganhidup dan mati setiap negara yang terlibat mengharuskan memanfaatkansemua sumber daya untuk memenangkan perang. Terbukti sudah bahwateknologi maju yang dapat mengakhiri perang dunia II yaitu dengandibuatnya bom atom (nuklir) yang dijatuhkan di Hiroshima dan NagasakiJepang. Dari sini terlihat bahwa perang dunia II membawa dampak positipterhadap revolusi pemikiran dan penemuan teknologi.


          Dampakyang sangat terasa yaitu pada teknologi persenjataan untuk perang.Kalau pada perang dunia I masih digunakan senjata manual, tetapi padaperang dunia II sudah digunakan senjata otomatis dan semiotomatis.Penggunaan pesawat terbang dan kapal perang sebagai senjataandalan juga menunjukan bahwa perkembangan ilmu tentang pesawat danperkapalan sangat cepat.    Ilmu tentang roket peluncur juga mengalami pertumbuhan yang sangat cepat pula.

          Setelahperang selesai perkembangan teknologi perang dapat diaplikasikan untukkepentingan sipil demi kesejahteraan umat manusia. Dibuatnya pesawatyang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak dan dapat menempuhjarak yang jauh serta kapal-kapal modern yang dapat mengarungi lautandengan daya jelajah tinggi dan mampu mengangkut beban yang berat,merupakan salah satu manfaat yang dapat diperoleh setelah perang. Alatangkutan darat dengan kemampuan besar juga diproduksi untuk mengangkutbarang dan manusia, sehingga transportasi bisa diselenggarakan denganaman, murah dan nyaman.      

          Teknologiroket yang pada awalnya sebagai alat untuk meluncurkan peluru kendalilintas negara atau lintas benua merupakan cikal bakal proyek luarangkasa. Proyek angkasa luar dipercepat dengan sudah ditemukannyaroket, sehingga dapat meluncurkan modul ruang angkasa (pesawat ulangalik dan satelit) sampai mencapai orbit bumi. Lebih dari itu teknologiroket juga mengilhami dibuatnya mesin jet, sehingga dapat diciptakannyakendaraan yang mempunyai kecepatan melebihi kecepatan suara.

          Ilmu kedokteran yang digunakan untuk perang juga mengalami perkembangansangat cepat. Penemuan obat dan prosedur medis modern telah diterapkandalam perang dunia II, karena banyaknya korban yang berjatuhan dikeduabelah pihak yang bertikai. Ilmu tentang kejiwaan manusia digunakanuntuk membuat seorang prajurit tidak mengenal takut dan lelah demibangsa dan negara. Teknik rekayasa genetika digunakan untuk membuatseorang prajurit lebih hebat dan kuat di medan perang.  

          Master piece perkembangan teknologi pada PD II yaitu ditemukannya cara pembuatan bomatom. Teknologi nuklir mengalami perkembangan yang sangat cepat. Fusiyang terjadi antara uranium dan plutonium dalam suatu reaktor ternyatamenimbulkan energi yang sangat luar biasa. Setelah perang berakhirteknologi nuklir dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk memenuhikebutuhan masyarakat, misalnya untuk menggerakan turbin bagi PLTN,menggerakan mesin kapal terutama kapal selam, serta bahan bakar untukpesawat ruang angkasa penjelajah alam semesta.

          Walaupun revolusi IPTEK banyak diilhami selama terjadinya perang, tetapi penulistetap mengutuk terjadinya perang dengan alasan apapun karenamenimbulkan kerugian yang sangat besar.

Sumber:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments